Senin, 13 Februari 2017

Penjelasan Tentang Nebula Serta Contohnya

Nama nebula di ambil dari bhs Latin yang bermakna " awan ". Nebula yaitu awan antarbintang yang terbagi dalam debu, hidrogen, helium serta gas yang terionisasi yang lain. Awalannya, nebula yaitu nama untuk semuanya objek astronomi yang terlihat menebar, termasuk juga galaksi diluar Bima Sakti.

Galaksi Andromeda, umpamanya, awalannya ia pernah dikatakan sebagai Nebula Andromeda (serta galaksi yang berupa spiral awal mulanya dikatakan sebagai " nebula spiral "). Tetapi, sesudah beberapa karakter sejati galaksi sukses dilihat serta di konfirmasi dimuka era 20 oleh astronom Vesto Slipher, Edwin Hubble serta sejawatnya, pada akhirnya dibedakanlah pada nebula serta galaksi.

Beberapa nebula memiliki ukuran begitu besar, bahkan juga diameternya dapat meraih beberapa ratus th. sinar. Tak seperti hasil bidikan lensa kamera yang lebih peka pada sinar, dalam sebenarnya nebula hampir tidak tampak oleh mata manusia dari Bumi. Terkecuali jaraknya yang jauh, nebula juga cukup redup.

Nebula Orion umpamanya, nebula paling jelas di langit malam ini sesungguhnya mempunyai diameter pojok yang 2 x semakin besar dari diameter pojok Bln. Purnama, tetapi nebula ini tak terlihat terang di langit malam, apa lagi di langit malam yang telah tercemar polusi hawa ataupun polusi sinar, janganlah berharap!

Walau terlihat padat dari pada ruangan di sekitaran mereka, kenyataannya nebula yang seukuran Bumi cuma bakal mempunyai massa keseluruhan sebagian kg saja. Banyak nebula tampak lantaran fluoresensi satu bintang panas pada jantungnya, sesaat ada pula nebula lain yang cuma bisa dideteksi dengan feature eksposur panjang serta filter spesial pada kamera digital.

Bagaimana Sistem Pembentukannya? 

Banyak nebula atau bintang terbentuk dari keruntuhan gravitasi gas di medium antarbintang. Saat material satu bintang roboh oleh gravitasinya sendiri, bintang-bintang besar yang baru dapat terbentuk di tengah-tengah nebula, serta radiasi ultraviolet dari bintang-bintang baru ini bakal mengionisasi gas di sekelilingnya, hingga awan antarbintangnya dapat tampak pada panjang gelombang optik.

Ada pula nebula yang lain yang terbentuk sebagai hasil dari ledakan supernova ; satu pergolakan kematian bintang raksasa yang berusia pendek. Material yang terlempar dari ledakan supernova lalu terionisasi oleh daya pada dasarnya, yang umumnya yaitu satu bintang neutron.

Sistem pembentukan nebula yang paling akhir yaitu nebula planeter. Nebula type ini yaitu step akhir dari kehidupan bintang bermassa rendah, seperti Matahari. Bintang dengan massa sekitaran 8-10 massa Matahari akan berevolusi jadi raksasa merah serta perlahan kehilangan susunan luarnya sepanjang pergolakan di atmosfer mereka.

Saat satu bintang bermassa rendah itu sudah kehilangan cukup banyak material penyusunnya, suhunya akan bertambah serta radiasi ultraviolet dari sang bintang bakal pancarkan serta mengionisasi awan antarbintang di sekelilingnya yang sudah terlontar, lantas terbentuklah nebula planeter. Matahari kita sekitaran 4-5 miliar th. lagi bakal jadi nebula planeter, serta dasarnya bakal jadi katai putih.

1. Nebula mata kucing Cat's eye nebula


Nebula mata kucing (ngc 6543) yaitu nebula yang terdapat beberapa kumpulan dengan (di ruang) rasi bintang draco. Susunan nebula ini adalah satu diantara susunan nebula paling kompleks yang pernah di ketahui. Nebula ini diketemukan oleh william herschel pada tanggal 15 februari 1786.


2. Nebula kepala kuda Horse head nebula

Nebula kepala kuda (juga dikenal sebagai barnard 33) yaitu nebula yang gelap (dark) yang beberapa kumpulan dengan bintang orion. Jauhnya dari bumi kurang lebih 1. 500 th. sinar. Nebula ini yaitu nebula yang paling gampang didentifikasi lantaran bentuk awan debu serta gasnya serupa kepala kuda. Nebula ini diketemukan oleh william fleming pada th. 1888.


3. Nebula kepiting Crab nebula

Nebula kepiting (m1, ncg 1952, taurus a) yaitu nebula yang beberapa kumpulan dengan bintang taurus. Jauhnya dari bumi kurang lebih 6. 500 th. sinar. Diketahui pertama kalinya oleh john bevis.


4. Nebula semut Ant nebula

Nebula semut (mz 3 = menzel 3) diketemukan oleh donald howard menzel pada th. 1922.


5. Nebula elang Eagle nebula

Nebula elang (messier 16/m16, ngc 6611) yaitu nebula yang letaknya beberapa kumpulan dengan bintang serpens, diketemukan oleh jean-philippe de cheseaux pada th. 1745-1746. Jauhnya dari bumi sekitaran 7. 000 th. sinar.


6. Nebula Laba-laba

Nebula laba-laba (juga dikenal sebagai “30 doradus”, atau ngc 2070). Yang awal mulanya diprediksikan sebagai bintang, lalu pada th. 1751 diketemukan oleh nicolas louis de lacaille yang nyatanya yaitu nebula.


7. Orion Nebula

Orion nebula (juga dikenal sebagai messier 42, m42, atau ngc 1976) yaitu nebula yang menyebar panjang yang terdapat di selatan lajur bintang orion. Ia adalah nebula yang paling jelas serta bisa diliat dengan mata telanjang diatas langit saat malam hari sebagai bercak kabur bercahaya serupa pedang orion. Jaraknya dari bumi sekitaran 1. 270 th. sinar. Nebula ini pertama kalinya diketemukan pada th. 1610 oleh nicolas claude fabri de peiresc.


8. Eskimo Nebula

Nebula Eskimo (NGC 2392) juga dikenal sebagai Clownface Nebula/Nebula Muka Badut. Diketemukan oleh astronom William Herschel pada th. 1787. Jaraknya 3. 000 th. sinar dari Bumi.


9. Nebula Bunga Mawar Rosette Nebula

Nebula Bunga Mawar yaitu nebula yang begitu besar, letaknya di sekitaran bintang Monoceros di ruang Galaxi “Milky Way”. Jaraknya sekitaran 5. 200 th. sinar dari Bumi.


10. Nebula Empat Persegi Merah Red Square Nebula

Nebula Empat Persegi Merah yaitu Nebula yang letaknya beberapa kumpulan dengan bintang MWC 922. Nebula ini pertama kalinya diambil gambarnya dengan memakai teleskop “Mt Palomar Hale” di California serta dipublikasikan pada April 2007. Bentuk empat persegi Nebula ini, adalah bentuk object angkasa yang paling simetris (belahan yang sama) yang pernah diketemukan.


11. Nebula Cincin Ring Nebula

Nebula Cincin (Messier 57, M57 atau NGC 6720) yaitu Nebula yang terdapat di utara bintang Lyra, samping selatan bintang terterang, Vega. Nebula Cincin ini dtemukan pertama kalinya oleh Antoine Darquier de Pellepoix pada Januari 1779.


12. Barnad’s Loop

Nebula “Barnad’s Loop” (Sh 2-276) yaitu Nebula yang terlelak beberapa kumpulan dengan bintang Orion. Dapat diliat (tetapi susah) dengan mata telanjang di angkasa di gelapan malam hari. Jaraknya dari Bumi kurang lebih 1. 600 th. sinar.


13. Boomerang Nebula



Nebula Boomerang (dimaksud juga Bow Tie Nebula) yaitu nebula yang terdapat di ruang bintang Centarius yang jauhnya dari Bumi kurang lebih 5. 000 th. sinar. Pada th. 1998 Nebula Boomerang difoto dengan cara terinci oleh “Hubble Space Telescope” (Teleskop Ruangan Angkasa Hubble).


14. Nebula Jam Pasir Hourglass Nebula



Hourglass Nebula (juga dikenal sebagai MyCn 18) yaitu Nebula yang ada di ruang selatan bintang Musca yang jauhnya dari Bumi kurang lebih 8. 000 th. sinar. Ia diketemukan pertama kalinya oleh Annie Jump Cannon serta Margaret W. Mayall.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar