Senin, 13 Februari 2017

Aurora

Aurora adalah tanda-tanda alam di mana tampak sinar yang menari-nari indah dilangit dengan beragam warna. Aurora umumnya berlangsung di daerah kutub, baik kutub selatan ataupun utara. Walau bagaimanapun, aurora sendiri kerapkali tampak didaerah atas pegunungan tropis, tetapi aurora type ini begitu tidak sering berlangsung.

Beberapa waktu terakhir diketemukan kalau nyatanya aurora bukan sekedar ada dibumi, tetapi di planet lain juga terdeksi mempunyai fenomena alam ini. Bahkan juga hal semacam ini begitu lumrah berlangsung diplanet-planet yang ada di galaksi Bima Sakti. Satu diantaranya yakni aurora yang terdeteksi di Planet Jupiter. Bahkan juga aurora diplanet ini 100 kali lebih jelas dari pada yang ada dibumi.

Diluar itu, bahkan juga di planet asing lain diprediksikan ada yang meraih 100 ribu kali lebih jelas daripada aurora yang ada dibumi. Tetapi hal tesebut begitu susah dideteksi lantaran begitu banyak planet-planet di Galaksi dan begitu jauhnya jarak planet-planet itu.

Sistem Terbentuknya Aurora
Aurora berlangsung di susunan ionosfer. Di mana sinar yang diakibatkan adalah akibat ada hubungan pada medan magnetik satu planet dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari (angin surya).

Aurora terwujud lantaran ada miliaran partikel daya yang terbagi dalam proton serta elektron dilontarkan matahari dengan kecepatan tinggi sampai 500 mil per detik dalam satu pancaran sinar matahari. Pancaran ini umum dimaksud dengan angin matahari atau solar wind yang terbentuk lantaran ada ledakan besar dipermukaan matahari (Coronal Mass Ejection).

Sesudah lewat perjalanan ke bumi yang dapat bertahan sampai dua hingga tiga hari, partikel matahari serta medan magnet bumi yang sama-sama bertumbukan mengakibatkan pelepasan partikel yang telah terjerat didekat bumi. lalu, partikel yang terjerat itu menyebabkan reaksi di bagian atas atmosfer (ionosfer) di mana molekul oksigen serta nitrogen beraksi serta melepas foton sinar. Foton sinar berikut yang kita saksikan sebagai sinar jelas yang menari-nari di atas langit yang dimaksud aurora.

NASA sendiri sebagai organisasi paling depan yang lakukan riset mengenai luar angkasa serta bumi masihlah lakukan beragam riset mengenai aurora ini. Salah satunya adalah lewat peluncuran rocket yang disebut sisi dari misi Ground-to-Rocket Electrodynamics–Electron Correlative Experiment (GREECE) pada Maret th. ini. Misi itu mempunyai tujuan untuk lebih mengerti bagaimana aurora terbentuk.

Beberapa macam Aurora

Aurora sendiri cuma terbagi dalam dua jenis, yakni aurora yang berlangsung dikutub utara serta aurora yang berlangsung di kutub selatan :

Aurora Borealis


Aurora Borealis yaitu aurora yang berlangsung di kutub utara. Borealis sendiri adalah bhs yunani dari angin utara. Aurora berealis bisa diliat didaerah arktik di mana mencakup negara Utara Kanada, Alaska, Rusia, serta Skandinavia.


Aurora Australis



Seperti namanya, aurora ini kerap berlangsung di belahan bumi selatan. Jadi tidak heran namanya seperti negara didekat kutub selatan yakni Australia. Diluar itu, aurora type ini sempat juga berlangsung digunung paling tinggi di Indonesia. Pada aurora Australis memperoleh namanya yang sesuai dengan dewa fajar Romawi, Aurora, yang juga adalah kata Latin untuk fajar. Lalu Australis datang dari bhs Latin yang bermakna Selatan, sedang Aurora Australis dengan cara harfiah bermakna fajar, atau sinar selatan.
Beberapa tempat paling baik untuk lihat aurora
Di bawah ini yaitu beberapa tempat yang bisa dikunjungi untuk lihat aurora. Tetapi uniknya, di tempat ini kita dapat lihat aurora selama th., bukanlah dibulan-bulan spesifik seperti tempat yang lain. Jadi, untuk anda yang menginginkan malihat indahnya aurora, silakan pergi ketempat ini.


5 Tempat untuk lihat aurora :

1. Tromso, Norwegia

Anda dapat turut tour yang memanglah menguber cahaya aurora. Instansi turisme Norwegia, Mona Ravndal mereferensikan perjalanan ke Hurtigruten, daerah Norwegian Coastal Steamer untuk meilhat aurora.

Satu pelayaran bernama " Northern Lights Cruise " umumnya cuma dikerjakan pada bln. Desember, tetapi tour perjalanan sepanjang 7 hari ke kota Tromso serta North Cape, daerah yang konon paling jelas untuk lihat aurora, ada selama th..

Pilihan yang lain yaitu mengikut service travel dengan bus didalam kota serta Ersfjorden yang pergi mendekati tengah malam.


2. Yellowknife, Kanada

Bila Anda lebih tertarik untuk lihat aurora sembari bermalam di kemah ala orang Indian, kunjungi taman Aurora Village di Yellowknife, Kanada.

Cuma 25 menit perjalanan dari pusat kota, tempat kemping ini sediakan kemah teepee, komplit dengan penghangat serta tempat duduk untuk Anda nikmati panorama fenomena cahaya dengan latar belakang langit hitam.


3. Fairbanks, Alaska, Amerika Serikat

Pengalaman tidak sama di tawarkan disini. Satu diantara langkah paling mengasyikkan untuk nikmati Aurora di Amerika Serikat yaitu dengan sembari berendam di kolam air panas.

Fairbanks juga adalah tempat Geophysical Institute di University of Alaska, Fairbanks. Mereka mereferensikan resor bernama Chena serta Manley Spring.

Chena berikan keringanan peralatan serta konektivitas dengan bandara Fairbanks dengan shuttle bus. Hotel-hotel di daerah ini dapat sediakan service alarm untuk bangunkan beberapa tamu pada malam hari yang punya niat lihat aurora.


4. Kangerlussuaq, Greenland

Lokasi dengan iklim cukup stabil serta langit cerah selama th. ini memberi peluang untuk beberapa orang nikmati indahnya sinar aurora.

World of Greenland -- Arctic Circle (Wogac) tawarkan tour lihat sinar utara ini dari mulai bln. Oktober sampai April. Di bln. Februari - April, mereka juga tawarkan ekspedisi dengan tarikan anjing ke daerah barat kota Sisimiut.

Bermalam di Hotel Kangerlussuaq di bandara cukup nyaman, tetapi condong mahal. Hotel ini dapat tawarkan tour ke arah puncak es. Janganlah tutup gorden kamar Anda, lantaran terkadang sinar aurora dapat tampak dengan terang.


5. Wilayah selatan

Walau jadi tempat paling baik untuk lihat Aurora Australis, Antartika yaitu yang paling susah untuk didatangi, terkecuali beberapa orang spesifik yang memanglah datang untuk menolong riset serta peneliti tersebut. Perusahaan-perusahaan ekspedisi baru bakal mengawali tour sesudah bln. Februari.

Diluar itu, Anda dapat juga lihat sedikit sinar aurora di Stewart Island, atau di kenal dengan pulau Rakiura oleh suku Maori. Dengan penghuni lebih kurang 400 orang, lokasi ini tawarkan panorama alam memukau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar